Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
UPIx
Deskripsi
Mata kuliah ini didasarkan pada asumsi bahwa guru terbaik secara kritis mempertimbangkan apa yang harus diajarkan, bagaimana mengajarkannya, dan bagaimana menilai siswa dan kelas mereka. Dengan kata lain, guru terbaik perlu berbekal kemampuan yang berkembang dengan baik dan kerangka intelektual yang bijaksana yang dapat membantu dirinya membuat keputusan menentukan strategi pembelajaran yang baik berdasarkan berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut. KN501 akan memungkinkan Anda untuk membangun kerangka ide awal Anda sendiri, keterampilan, dan sikap yang akan membantu Anda membuat keputusan menentukan strategi Pembelajaran terbaik dan memberdayakan Anda untuk bertindak berdasarkan itu keputusan. Mata kuliah ini memberikan landasan untuk memahami hubungan antara perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran siswa. Para mahasiswa keguruan dan guru prajabatan dapat mempraktikkan proses penting untuk sukses dalam pembelajaran PKn/PPKn atau mata pelajaran lain yang relevan.
Bobot = 3 SKS
Capaian Pembelajaran
- Mengidentifikasi dan menggambarkan keterampilan dan ciri-ciri kepribadian guru yang efektif dan menjelaskan pentingnya hal tersebut sebagai guru bidang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)/Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
- Menggunakan bahasa profesional untuk menjelaskan kurikulum, pembelajaran dan penilaian dasar bidang PKn/PPKn.
- Menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif untuk mengevaluasi pembelajaran dirinya dan pembelajaran orang lain dalam bidang PKn/PPKn.
- Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif untuk membuat penilaian profesional yang bijaksana dalam bidang PKn/PPKn.
- Mengembangkan strategi umum dan khusus untuk mengatasi keragaman siswa dalam Pembelajaran PKn/PPKn pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
- Menyusun rencana pembelajaran dasar yang jelas, koheren, dan berbasis standar untuk bidang PKn/PPKn.
- Mendeskripsikan dan mengevaluasi contoh strategi pembelajaran PKn/PPKn berbasis penelitian untuk guru jenjang pendidikan dasar dan menengah.
- Mempraktikan pembelajaran singkat bidang PKn/PPKn yang konsisten dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.