Skip to main content

Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


UPIx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi

Mata kuliah ini didasarkan pada asumsi bahwa guru terbaik secara kritis mempertimbangkan apa yang harus diajarkan, bagaimana mengajarkannya, dan bagaimana menilai siswa dan kelas mereka. Dengan kata lain, guru terbaik perlu berbekal kemampuan yang berkembang dengan baik dan kerangka intelektual yang bijaksana yang dapat membantu dirinya membuat keputusan menentukan strategi pembelajaran yang baik berdasarkan berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut. KN501 akan memungkinkan Anda untuk membangun kerangka ide awal Anda sendiri, keterampilan, dan sikap yang akan membantu Anda membuat keputusan menentukan strategi Pembelajaran terbaik dan memberdayakan Anda untuk bertindak berdasarkan itu keputusan. Mata kuliah ini memberikan landasan untuk memahami hubungan antara perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran siswa. Para mahasiswa keguruan dan guru prajabatan dapat mempraktikkan proses penting untuk sukses dalam pembelajaran PKn/PPKn atau mata pelajaran lain yang relevan.

Bobot = 3 SKS

Capaian Pembelajaran

  1. Mengidentifikasi dan menggambarkan keterampilan dan ciri-ciri kepribadian guru yang efektif dan menjelaskan pentingnya hal tersebut sebagai guru bidang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)/Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
  2. Menggunakan bahasa profesional untuk menjelaskan kurikulum, pembelajaran dan penilaian dasar bidang PKn/PPKn.
  3. Menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif untuk mengevaluasi pembelajaran dirinya dan pembelajaran orang lain dalam bidang PKn/PPKn.
  4. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif untuk membuat penilaian profesional yang bijaksana dalam bidang PKn/PPKn.
  5. Mengembangkan strategi umum dan khusus untuk mengatasi keragaman siswa dalam Pembelajaran PKn/PPKn pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  6. Menyusun rencana pembelajaran dasar yang jelas, koheren, dan berbasis standar untuk bidang PKn/PPKn.
  7. Mendeskripsikan dan mengevaluasi contoh strategi pembelajaran PKn/PPKn berbasis penelitian untuk guru jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  8. Mempraktikan pembelajaran singkat bidang PKn/PPKn yang konsisten dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.

Dosen Pengampu

Course Staff Image #1

Prof. Dr. Dasim Budimansyah, M.Si.

[email protected]

  1. Nomor Kursus

    KN501
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    05.00
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.