Skip to main content

Kurikulum dan Pembelajaran


UPIx
Enrollment in this course is by invitation only
Logo UPI

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membekali mahasiswa calon guru dan tenaga kependidikan tentang kurikulum dan pembelajaran yang meliputi hakikat kurikulum (kedudukan, pengertian, fungsi, dan peranan kurikulum) ; komponen-komponen kurikulum; landasan-landasan pengembangan kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model kurikulum; evaluasi dan inovasi kurikulum; hakekat belajar dan pembelajaran; komponen-komponen pembelajaran; prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran; model pembelajaran; dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran menekankan pada aktivitas mahasiswa melalui kegiatan diskusi atau pemecahan masalah dan mengoptimalkan penelusuran sumber-sumber belajar yang relevan dan mutakhir, termasuk hasil browsing pada situs-situs di internet. Pembahasan permasalahan dilakukan secara bersama-sama oleh dosen dan mahasiswa, diakhiri dengan elaborasi mengenai materi perkuliahan oleh dosen pengampu mata kuliah.

PROFIL DOSEN

LD EVDIG 1

Nama lengkap   : Dr. Laksmi Dewi, M.Pd.
Email                   : [email protected]
Sinta ID               : 5978451
Biografi singkat : merupakan seorang ketua program studi di Program Studi Pasca Sarjana Pengembangan Kurikulum, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau menyelesaikan jenjang S-3 di Program Studi Pasca Sarjana Pengembangan Kurikulum, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.  Beliau fokus pada bidang keahliah pengembangan kurikulum, Instruction, dan teknologi pendidikan. Beliau aktif sebagai penulis artikel pada jurnal-jurnal bereputasi nasional dan international.

Ardiansah-01-Evdig

Nama lengkap   : Ardiansah, M.I.Kom.
Email                   : [email protected]
Sinta ID               : 6754065
Biografi singkat : merupakan seorang dosen di Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau menyelesaikan jenjang S-2 di Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Padjadjaran. Saat ini beliau menjabat sebagai ketua Gugus Kendali Mutu bidang Kemahasiswaan di Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasii. Beliau sebagai Editor pada jurnal Edulib: Library and Information Science. Beliau fokus pada bidang keahlian Teknologi, Informasi dan Komunikasi di Perpustakaan. Beliau aktif sebagai penulis artikel pada jurnal-jurnal bereputasi nasional dan international.

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI (CPPS)

  1. S1 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. S2 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. S3 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. S8 : Menjaga pola hidup, taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  5. S10 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  6. P2 : Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam meliputi aspek perancangan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi teknologi pendidikan);
  7. KU1 : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian teknologi pendidikan, kurikulum dan pembelajaran;
  8. KU5 : Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahlian teknologi pendidikan, kurikulum dan pembelajaran berdasarkan hasil analisis informasi dan latar;
  9. KK1 : Memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan melalui analisis teori pendidikan, kurikulum dan pembelajaran secara umum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

  1. S1 : Menunjukkan sikap relig;
  2. S2 : Memiliki toleransi terhadap teman lain;
  3. S3 : Menunjukkan sikap dan perilaku yang baik dan beretika;
  4. S8 : Memiliki kedisiplinan dan taat hukum terhdap peraturan yang disepakati dalam proses pembelajaran;
  5. S10 : Memiliki sikap tanggungjawab terhadap tugas dan peran yang diberikan sebagai mahasiswa dan calon teknolog pendidikan;
  6. P2 : Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam meliputi aspek perancangan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi teknologi pendidikan;
  7. KU1 : Mengembangkan kemampuan menulis ilmiah berdasarkan hasil kajian pustaka dan kajian lapangan;
  8. KU5 : Mengelola dan memelihara jejaring dibidang kepustakawanan dengan perpustakaan yang ada di lingkungan sekitar;
  9. KK5 : Menyelesaikan permasalahan Melalui analisis teori tentang kajian etika profesi teknologi pendidikan.

 

 

  1. Nomor Kursus

    KD303
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Bahasa

    Indonesian
  5. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  6. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.